Kredivo, Solusi Cicilan tanpa Kartu Kredit

Berawal dari iseng-iseng berhadiah karena gue selalu didepak oleh Bank penyedia kartu kredit entah karena apa. Padahal gaji gue memenuhi standard mereka. Waktu gue daftar ke Kredivo pun, gue gak berharap banyak. Pertama tahu dari info di Bukalapak. Isenglah gue apply dan cuma butuh 2 hari Kredivo gue pun aktif.

Cara apply-nya juga nggak susah. Yang terpenting adalah, punya slip gaji, npwp, dan transkrip rekening koran. Ada yang nyebelin yaitu kita bisa "menggadaikan" akun KLIKBCA jika tidak mau menggunakan slip gaji (atau rekening koran, gue lupa :p). Tentu aja, option tersebut nggak gue pilih. Karena gue sangat posesif sama akun bank gue apapun itu.

Selang 2 hari, Kredivo gue pun aktif dan dengan senang hati gue download aplikasi mobile-nya. Pertama gue bingung, mau ngetes buat beli apaan. Akhirnya, ketika setan keborosan ini dateng ngipas-ngipasin, gue pun memutuskan untuk beli Microsoft Lumia 532 di Bukalapak yang harganya cuma 600k kurang seribu.

Sayangnya, kalau mau beli dengan Kredivo kita tidak bisa menggunakan aplikasi Bukalapak karena (anehnya) nggak tersedia. Cara menggunakannya pun gampang. Kita akan digiring ke halaman Kredivo dan login. Setelah login, kita akan diminta memasukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Setelah itu selesai, selamat! Transaski sukses dan silakan menanti barang idaman sampai rumah.

Gue sendiri memilih metode bayar 30 hari kemudian. Karena harganya gak mahal-mahal amat. Lagian, dengan harga di bawah 1 juta memang nggak tersedia cicilan di limit gue. Cicilan 3 bulan hanya berlaku jika harga di antara 1.5 jt - 3-5 jt. Lagian cicilan kaya gitu masih gue anggep sebagai beban LOL

Selang sehari barang pun datang! Seller yang punya lapak kebetuan sangat fast respon LOL


Dengan antusias, gue pun membuka kotak yang masih tersegel tersebut! #TSAH


Terima kasih Kredivo, gue jadi punya hape secondary baru yang asik LOL dan mungkin karena ini transaksi pertama, gue pun mendapatkan potongan harga 50ribu rupiah.

Jadi, yang gue bayar bulan depan sekitar 560 ribu aja? Waaaah! How lucky I am! #salto

Meski pun gampang, tapi tetep aja ada temen gue yang pengajuannya ditolak oleh Kredivo. Gue juga gak tau kenapa. Dia gak menguarakan alasannya dengan detail LOL


Pembayaran sukses, hati pun senang. Di aplikasi sendiri dituliskan kalau kewajiban gue membayar itu tanggal 27 Januari tahun depan. ASHEEEK!

Overall, Kredivo bisa jadi solusi buat Lo yang pengen kredit tapi dipersulit sama penyedia Kartu Kredit.

***
Update :

Seminggu sebelum jatuh tempo, kita akan dapet SMS notifikasi jatuh tempo. Lalu, H-2 sebelum hari terakhir pelunasan, kita akan ditelepon.

UNIKNYA, yang nelepon bukan mbak-mbak kolektor penagih hutang tapi robot pengingat jatuh tempo dengan suara perempuan seperti ibu-ibu.

Pembayaran tanggal 27 seperti di skrinsut tetap dapat dilakukan ASALKAN LO PUNYA REKENING PERMATA dan TRANSFER MENGGUNAKAN VIRTUAL ACCOUNT. Jadi, kalau Lo nggak punya rekening Permata disarankan bayar H-2 sebelum hari terakhir jatuh tempo. Atau selambat-lambatnya pas hari H sebelum jam 4 silakan Lo transfer ke rekening BCA atau Mandiri mereka. Karena transfer ke bank tersebut butuh tenaga manusia buat apporoval kalau dananya udah masuk. Beda dengan VIRTUAL ACCOUNT yang langsung terbaca sistem.

***
Update 2 :

Kredivo udah bisa digunakan di Lazada.co.id #Nyengirkuda

***
Update 3 :

Kredivo bisa dilunasi dengan menggunakan virtual account bank-bank besar seperti BCA dan Mandiri sekarang

***
Update 4 :
Baca juga komparasi Kredivo dengan kartu kredit di sini.

You Might Also Like

105 Komentar

  1. Sist
    Sebelum approve,ada tlp2 dr kredivo ga ya
    Atau gimana gitu sebelum approve tanda2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada telepon apapun. Tau tau di ACC aja. Ada telepon pas jatuh tempo pembayaran. Itu juga robot bukan orang

      Delete
    2. Ane ga di acc sist,di sms di kabarinnya
      Huhh
      Tggu 3bln lagi baru ane coba lagi deh..
      Agak cepet sms dr krdivonya.
      Cuma knp harus ga approve sih..hedehhhh

      Delete
    3. Wah kok bisa gan? dikasih tau alasannya nggak?

      Delete
    4. Ga di kasih tau,cuma keterangan di sms bahwa aplikasi ane ga di approve tapi ada sms berkali kali dr kredivonya waktu itu.
      Padahal udh ada sms ga di approve, msh aja ada sms2 dr kredivonya buat input data ane yg udh ane input sebelumnya.
      Jadi ane diemin aja udh,krn patokan ane udh ga di approve kan di sms pertama.

      Delete
  2. ini kalo bayar 30 hari udah dipake, limit cicilan 3/6/12-nya berkurang gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaruh. Kalau utang yang 30 hari itu belom dibayar dan kita mau ngutang lagi buat cicilan 3/6/12 bulan, limitnya mengecil.

      Delete
    2. Oh pantes saat gw di approve limit cicilan 3/6/12, sisa limit cicilan gw ga sesuai di keterangan contoh sisa limit 1.500.000 dari 2.800.000.
      Mungkin krna limit 30hri ada yg blm gw bayar kali ya?
      Krna blm jatuh tempo
      Mhon info nya

      Delete
  3. Halo gan..
    Mau nanya,pas agann ngajuin kredivo persyaratan agan apa aja..?
    Klo KTP daerah berdomisili di jabodetabek bisa gak ya?

    Makasih mau jawab.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Whiedy,
      Kemarin waktu gue daftar Kredivo yang gue pakai adalah KTP berdomisili kota asal (Pamulang, Tangerang Selatan) dan lolos. Gue juga pake slip gaji dan screensot rekening koran (bisa diganti dengan NPWP).

      Sekedar tambahan, Whiedy bisa menggunakan auto link dengan akun klik BCA tanpa slip gaji tapi limit yang dikasih kredivo sangat kecil, cuma 500k dan nggak bisa kredit 3/6/12 bulan

      Delete
    2. kira² limit yg 500k 30hari bisa bertambah ngga ya

      Delete
    3. kira² limit yg 500k 30hari bisa bertambah ngga ya

      Delete
  4. ada pembayaran dimuka ga sih kalau pakai kredivo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi jessica,
      untuk cicilan 3/6/12 tetap ada DP. Besarannya tergantung barangnya

      Delete
    2. Hai jesica putri..untuk transaksi pembayaran dengan kredivo jika nominal transaksi di bawah 1,5juta tidak bisa di cicil/bulan TPI bisa bayar tunda maks sampai 30 hari ke depan ..,dan tidak dikenakan bunga(0%),program cicilan hanya untuk transaksi dari 1,5 juta sampai dengan maksud 20 juta..,dengan tenor 12 bulan,dengan bunga setara bunga kartu kredit..(2,9% sampai 3% /perbulan..,jika Anda tertarik silahkan daftar & download aplikasinya..,dan jangan lupa ya ketik kode reveral"wong4mc" ketika masuk proses pendaftaran,selamat mencoba

      Delete
  5. hii . mau tny dong..
    klo sy pny limit 7,2 jt trs hrg barangx lbh dr segitu gmn?
    tp kan sdh dikurang dp.. bsa gak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya gak bisa gan, kudu pas sama limitnya gak bisa overlimit kayak CC

      Delete
  6. Daerah banten udah mencakup belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banten di mananya? Kalau tangerang dan tangerang selatan masih bisa gan

      Delete
  7. Kalo limit kredivonya 500k trus beli barangnya di bawah 500k bisa ga ya ? (Untuk bayar dalam 30 hari)

    ReplyDelete
  8. Kak mau tanya saya juga ga paham berarti kalau kita belanja buka akun kredivo dulu baru bisa tersedia metode pembayaran kredivo gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, sebelum ada akunnya pun tetep ada option bayar pakai kredivo. Asalkan jangan pakai aplikasi bukalapak. Harus diakses dari browser

      Delete
  9. Mau tanya donk ak kab ajuin cicilan diapprove tapi ak mau bk ja cicilan tapi gak bisa minus tlsnnya mksdnya itu gmn yaa soalnya ak masih blm bayar yg cicilan 30 hari itu berpengaruh gakk ya

    ReplyDelete
  10. Kalo aku kok gampang ya, tinggal kaitin sma akun banking dan akun shoppers aja, terus besoknya approve

    ReplyDelete
    Replies
    1. limitnya nggak gede tapi kan gan?

      Delete
    2. Klw mau punya kredit cicilan gmna sih ko di tolak terus.

      Delete
    3. Kok aq mau ajuin cicilan gagal terus di mandiri internetnya.
      Padahal user id sama pasword udah bener...butuh masukan ini....

      Delete
    4. Aman gak sih klo kita kaitin sama akun banking kita?

      Delete
  11. Sist..bisa kasih tutornya buat bayar lewat kredivo??, d app bukalapak gk tersedia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pake aplikasi gan, buka di mobile web atau web desktop aja

      Delete
  12. Ask
    Bayar angsuran lewat indomaret bisa ndak ? Kya apl akul*ku ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa kayaknya, kudu pake virtual account

      Delete
    2. Update #Mei 2017.
      Bayar tagihan Kredivo udah bisa via Indomaret, Gan Bakwan. Dari awal saya pakai Kredivo, bayarnya via Indomaret, ditujukan ke Virtual Accountnya Kredivo.

      Delete
    3. Maksudnya virtual account itu gmna yaa ? Maaf sya kurang paham

      Delete
  13. Gan mau nanya kalo uang muka di bayarnya pas disurvei apa 1bulan setelah hp turun ya ?

    ReplyDelete
  14. Bisa beli barang second gak ya pake kredivo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi hanya tersedia bayar 30 hari kemudian sist

      Delete
    2. Oh jd cm bs utk beli barang baru ya....hmmm
      ...gmn caranya spy bisa ya hehe...

      Delete
  15. Mbak,sekedar curhat mbak. Siapa tau yg baca ikutikutan kaya ane wkwk ane agak heran juga sama kredivo soalnya ane kan tinggal di Tasikmalaya jawabarat dan ane tau bahwa kredivo ini tidak menerima jelmaan selain domisili bandung/jabodetabek/dll pokonya yg ane tau tasik kaga terdaftar udah.
    tapi dikarenakan ane orang nya suka yg aneh aneh yaudin ane coba deh apply kredivo pake data seadanya ane kasih ktp domisili tasik, tempat kerja tasik pokonya tasiklah, dan ane juga kaga ngarep sih, terus kaga sampe 1x24jam kredivo ane d acc dengan limit yg rumayan menggiurkan, abis itu ane langsung aja test beli ipun 7 plus 32gb eh beneran dateng, ane waktu itu dp in 2jtan (-+) .
    dan akhirnya pun ane bahagia *nyengirkudaaaaa =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah! Selamat gan! Agan beruntung sekali, kali cara ini bisa dipakai juga oleh agan dan sista lainnya. Padahal tasik sama bandung itu lumayan LOL

      Delete
    2. tanda kalo account kita sudah di approve itu kaya gimana ya? thanks sebelumnya

      Delete
  16. Tutor nya dong belanja di lazada pake kredivo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kayak dibukalapak pas milih metode pembayaran, pilih kredivo lalu nanti kita diminta login akun kredivo dan memasukan kode OTP. Selanjutnya tinggal ikuti aja

      Delete
  17. Kalau misalkan pake yang kredit 12 bulan gitu kan pasti ada dp, nah cicilannya setelah itu 12x/11x ya?

    ReplyDelete
  18. Bos..klo udh dpt limit gope bisa nambah lg ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Limit sudah ditentukan sesuai pengajuan kita pas di awal Pak. Sampai saat ini belum ada kebijakan nambah limit. Kecuali mau daftar fasilitas cicilan, bisa ditambahkan berkas seperti yang sudah dijelaskan artikel di atas.

      Delete
  19. mba mau tanya donk.
    waktu mau masukin link internet banking ada dipilihan daftar bank. tapi waktu saya klik ngga muncul pilihan banknya? saya ketik manual juga ngga bisa.
    mungkin ada yang mengalami hal sama mohon pencerahannya.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin bisa tanya ke CS kredivonya. Karena ane gak ngalamin gan. Pake slip gaji soalnya

      Delete
    2. itu karena link nya ganguan, agan coba logout beberapa saat lagi.
      Saya juga pernah seperti itu

      Delete
  20. Gan kalo kita misalkan udah bayar tagihan yg 30 hari nanti kita dapet limit lagi gak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah dibayar, limitnya balik ke awal lagi gan. Misal tadinay 1jt kepala 400. Nah kan sisa 600. Setelah dibayar kembali 1jt lg

      Delete
  21. kalau beli barang nih proses verifikasi cicilan nya ada skitar 1 jam ga yah?

    ReplyDelete
  22. Misi gan numpang nanya.
    Saya nyoba pengajuan cicilan 3,6,12 bulan.
    Kan perlu persyaratan. Persyaratannya semua udah bisa tapi pas e-bangking malah ga bisa. Padahal saya baru daftar dan saya nyoba login di akun mandiri e-bangkin bisa. Tolong solusinya

    ReplyDelete
  23. Klo blh tau,brp lama y dr proses daftar akun kredivo,ke proses approve..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 hari kerja Kak.
      Waktu itu pas saya apply ga pake lama langsung di acc ga sampe 1 jam kemudian. Modal KTP doang dapet limit satu juta.

      Delete
  24. Gan,kalo ngajuin di lazada,kenape kode otp nye kaga penah bisa ya,dilazada harus 3 digit nomor,sedangkan sms yg masuk 4 nomor,gmne tuh penjelasanye

    ReplyDelete
  25. Sist ane kan kerja swasta dan tdk ada slip gaji padahal harus menyertakan slip gaji lhaa itu bagaimana yaa..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minta manual emang gak bisa? Gue jg sama slip gaji gak dibagiin, pas minta manual boleh kok

      Delete
  26. Mau nanya donk klo cuma punya limit 500k belanjanya harus yg dibawah 500k aja yaa bisa yg lebih

    ReplyDelete
  27. Sist, boleh minta kontak ga? Ane mau nanya... tp pake foto2 gt biar jelas. Soalnya ane email kredivo nggak ada jawaban yg tepat kali aja sharing sama sist nemu sesuatu yg terbuka hehhee. Jd ane itu apply. Besok nya Acc kan. Nah ane dpt limit 1,2 untuk 30hr 4.2 untuk 3bulan 7,6 untuk 6bln 14jtaan untuk 12 bulan. Nah ane iseng coba yang bayar 30 hari. Eh pas ane liat lagi limit si yg buat cicilan 12bln jadi tinggal 13.000rupiah aja. Kenapa ya? Makanya ane lgsng cancel aja pembayaran yg 30hr itu. Takut euy blom ngerti.

    ReplyDelete
  28. Mau tanya dong. Kalau udah dpt limit 500rb terus maudaftar cicilan dengan dokumen ktp internet banking sama kaun shoppers kira kira di approve brp yaa ?

    ReplyDelete
  29. Gan,gue download aplikasinya tp ko gbsa diapa2in ya.. memulai gbsa2

    ReplyDelete
  30. gan, klo ane take brang dri lazada, pay ny pke kredivo ntar rmah ane di survey kaga ni? mhon pencerahan ny gan.

    ReplyDelete
  31. Mau nanya dong gan.kenapa kredivo saya di hold ya?? Cara biar gak di hold lagi bagai mana?! Makasih

    ReplyDelete
  32. mau numpang tanya nih, ada tanda nya ga kalo account kita udah di approve? atau kita harus ngecek setiap hari? gimana caranya biar tau kalo acc kita udah di approve? terimakasih sebelumnya, blog nya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di approve pasti dapat sms kalau akun kita sudah aktif

      Delete
  33. Wih, asik yaa. Jadi tertarik buat daftar. Sekarang segalanya apa-apa pake kredit. Oiya, kalo seandainya terlambat membayar bkl ada denda atau sanksi lainnya, kah? Thanks.

    ReplyDelete
  34. Ko limit sy cuma 500rb ya...trs ga bisa 3/6/12 bulan...hanya 30hari/jatuh tempo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena agan gak pake slip gaji dan cuma link ke klik bca?

      Delete
  35. kalo gaada slip gaji gimana ya? soalnya saya online shop
    bukan kerja kantoran atau swasta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa linked ke akun klikbca dan toko online. kalo transaksi banyak bisa dapet limit gede langsung. cuma kalo gak banyak, limitnya kecil paling 1jt

      Delete
  36. Mau numpang tanya, kalo ane mau nyicil barang harga 12 jt, kira2 harus gaji brapa ya?

    ReplyDelete
  37. Can mau tanya nii... Gw mau beli di shopee nih rencananya pake kredivo 3/6/12. Nah pake kredivo kan bayar dp dulu tu.. Misal aku bayarnya mau cicilan yg 3x nah barang yg gw beli itu di kirimnya stlah bayar dp apa nunggu cicilan selese gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah bayar DP barang langsung dieksekusi. sama kaya pake HCI. Udah tested beli iPod Touch 6 kemarin :)

      Delete
  38. Ane daftar pake ktp cirebon kabupaten tembus tuh padahal foto di ktp udah kagak ada luntur produk e-ktp pertama dan
    udah mati blm maret blm diperpanjang lagi dpt limit 12jt,emang sih verifikasi rada lama ampir 2hari...skrg udah belanja nyicil hp gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow. Limit gw kok cuma 8,7 ya. Yg lain ada yg sampe 14jt. Faktor gaji juga kah?

      Delete
    2. Gw g pk dp tuh kak. Beli hp di lazada. setelah sukses proses kredivonya, lgsg diproses sama lazada dan besokannya udah sampe barangnya

      Delete
    3. wah enak banget. waktu itu gue beli ipod di bukalapak. dia minta DP dulu 700ribu :(

      Delete
    4. dp segitu harga barangnya berapa itu gan

      Delete
  39. gua mau tanya kan limit gua 3jt,, nah gua gk transaksi apapun maksudnya gua anggurin tuh,, krn gua gk lagi butuh... pertanyaan konyol sih tpi cuman khawatir aja... apa gua ditagih harus bayar 3jt itu? kan gua gk ngapa"in

    ReplyDelete
  40. kok jadi parno ya
    tadi iseng apply kredivo dan akulaku demi sebuah kamera.. semuanya ditolak

    gak pap kalo ditolak juga.. cuma yang jadi masalah tadi di kredivo udah sempat login bukalapak sama npwp.. ini salah satu kebodohan gue bener, ternyata opsi yang gue pilih express padahal ada yang reguler yang cuma minta slip gaji dll

    aman gak ya kira2?? mana gue gak bisa masuk akun kredivo buat pantengin list transaksi lagi gara2 keburu logout

    ditambah baca2 diforum udah ada korban aplikasi yang kena tagihan transaksi bajakan.. jadi makin serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending akunya diurus ke admin kredivo biar bisa login gan. kalo agan kagak megang kuncinya ya bahaya juga

      Delete
  41. Kak. Saya kan mau beli barang di blibli. Udah saya download aplikasi kredivonya. Pas daftar nyambungin akun bli2 ke kredivonya kok gagal terus ya? Katanya gaada transaksi. Padahal udah dipesan dgn pembayaran kredivo

    ReplyDelete
  42. Kak, aku kan ada cicilan yg 3bulan, baru 1x bayar. Terus aku mau pake yg bayar dalam 30 hari. Tp kan pas mau bayar, ada tulisan pinjaman yg lebih awal harus diselesaikan terlebih dahulu. Apakah itu artinya aku harus lunasin yg kredit 3 bulan sekaligus baru bisa bayar yg 30 harinya?? Mohon pencerahannya kak.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom bisa dipakai lagi utk yang 30 hari sampai cicilan jalan 3 bulan sist. berlaku untuk bikin cicilan lain juga. kudu jalan dulu 3 bulan baru bisa ambil barang lagi pake kredivo

      Delete
  43. hi mau nanya dong, pas pembayaran yang 30 hari kena biaya admin atau semacamnya gitu ga sih? aku pas bayar melalui VC BCA itu jumlah tagihan 200ribu sekian tapi dibawah tulisan jumlah tagihan ada tulisan Total 300ribuan, yang secara otomatis aku bayar lebih dari harga barang aku yaitu 300ribuan, padahal masih jauh dari jatuh tempo.

    ReplyDelete
  44. Gan, saya mau tanya untuk sistem cicilan kredivo.

    1. Yang dimaksud dengan "USER ID" dan "PASSWORD" dalam akun bank itu gimana ya?
    2. Cara mendapatkan user id bagaimana?
    3. Setelah kita kirim user id dan password kira2 akun bank saya aman gak?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  45. Kak saya mau nanya dong.. saya baru install app ini.. saya bingung kok limit yg 3,6,&12 bulannya berkurang yaa? Pdhl saya ga melakukan cicilan.. pas awal install kredivo baru pake beli pulsa doang itu juga otomatis bayar 30 hari kan tuh.. Tlg infonya ya kak makasih..

    ReplyDelete
  46. Hallo kak saya mau nanya dong.. saya kan baru install, trs kok limit cicilan saya berkurang yaa? Tulisannya misalkan “sisa limit anda 3.977.777 dari 4.800.000” pdhl saya ga menggunakan yg cicilan itu.. saya baru iseng2 pake buat beli pulsa dan itu kan otomatis bayar 30 hari kan tuh.. nah saya takutnya nanti saya harus bayar yg limit kepotong itu ga ya? Saya jd ngeri~ -.-

    ReplyDelete
  47. halo kak mau nanya dong, aku kan udah dapet limit untuk cicilan 30hari. nah aku mau naikin tuh biar bisa cicilan 3/6/12. aku udah isi biodata, dsb cuma belom aku submit. kira2 pihak kredivo ada telfon ke kantor kita gak yah ka. thanks

    ReplyDelete