Berani Beli Smartphone Ex-International? Resiko Ditanggung Sendiri

  • Friday, September 08, 2017
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Source :Phonearena

Kisah dramatis ini berawal saat device kesayangan gue sakit demam. Dia bahkan tidak bisa mendeteksi sim card im3. Tapi lucunya, jika gue masukan sim card lain sinyalnya tetap muncul.

Dengan terpaksa, gue mencari penggantinya dengan muter-muter toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan OLX hingga akhirnya gue menemukan seorang seller di OLX yang menjual LG V10 Ex-internasional T-Mobile dengan harga yang sesuai budget. Emang sih, dibandingin edisi pure resmi bisa dibilang rada nyerong kiri alias miring banget.

Akhirnya, gue belilah barang tersebut di tokonya yang nyempil di lantai 4 ITC Cempaka Mas. Pada 3 hari pertama, keadaan barang tersebut aman-aman aja. Nggak ada hal aneh yang terjadi. Namun, di hari Rabu yang cerah tiba-tiba layar kanan tengah V10 gue kok NGANGKAT? 

Berhubung masih garansi, akhirnya.... hari kamis bertepatan dengan hari KEMERDEKAAN INDONESIA, gue dateng ke tokonya. Si seller kampret, nggak ada itikad baik untuk benerin. Malah bilang karena gue gak pasang tempered glass. Terus bilang itu ada lem yang menempelkan layarnya ke bodi (?).

Padahal, bagi kamu yang paham gimana body V10, pasti udah ngerti dong sekokoh apa itu device? Dibanting nggak melebur, malah mejanya ancur. Persis kayak nokia jadul.

Karena si seller pun tidak memberikan itikad baik sama sekali, akhirnya, pacar gue bongkar itu HP.... ADA KABAR GEMBIRA! Ada dua skrup lapisan motherboard yang langsung berhubungan ke layar hilang dan posisinya berada di tengah-tengah.
Penampakan setelah dibongkar

Well, fvckin done... Inilah biang kerok kenapa layarnya ngangkat. Akhirnya.... gue jual lagi LG V10 dan bertahan dahulu dengan si hape kesayangan, Nexus 5x.... Isinya ternyata lebih pantas dibilang udah second direfurbish. Bahkan, skrupnya ada yang beda. FYI, skrup bawaan asli LG V10 berwarna hitam, sedangkan di sana ada 1 skrup berwarna silver.

Pesan moral dari kisah gue : Kalo budget mepet mending beli Xiaomi garansi Distributor sekalian daripada beli hape bekas ex-internasional. Ngaku-ngaku mulus. Apalagi aksesorisnya OEM juga kan. Kotak juga gak asli lagi.

Lebih baik, hindari barang-barang kodomo eh Docomo yang Ex-Jepang juga. Karena banyak keluhan matot dan nggak tahan lama setelah dipakai. Belilah handphone sesuai kemampuan. Kalau kredit pun, sesuai kekuatan. Jangan sampai berujung makan nasi kecap selama sebulan.

You Might Also Like

0 Komentar