Full Review Motorola Moto Z Play Resmi Garansi TAM

  • Monday, September 11, 2017
  • By @penuliscabutan
  • 2 Comments

Sumber gambar : tertera

Halo, sobat Penuliscabutan! Setelah 1 minggu pemakaian Moto Z Play versi Indonesia bergaransi resmi TAM yang gue beli di salah satu toko di Mangga Dua Square dengan penuh drama. Tapi, gue nggak mau ngebahas dramanya kali ini secara detail. Karena itu sangat melelahkan. Intinya mungkin ini pertama dan terakhir kali gue pake HCI karena nggak konsisten dengan promonya di sini.

DIabadikan dulu, takut ilang pagenya
Intinya, gue gak dapet JBL terus ngelesnya karena nggak beli di Erafone. Padahal di keterangan website berlaku ke semua mitra HCI. Kalau bukan karena butuh, maybe gue gak akan pakai jasa ini. Lalu, ngeles di email "kami hanya penyedia jasa pembiayaan. Jadi masalah bonus tergantung toko." WTF~

Oke, skip....

Sekarang kita fokus ke review Moto Z Play. Semoga kejadian di atas nggak terjadi ke Kamu juga. Moto Z Play merupakan salah satu produk Motorola setelah diakusisi oleh Lenovo. Meski Moto Z Play merupakan seri termurah dibanding Moto Z (7.999 juta) dan Moto Z2 Play (6.3 juta), tapi Moto Z Play memiliki battery yang paling besar yaitu, 3510 mAh.

Biar lebih jelas, berikut spesifikasi singkat Moto Z Play yang dilansir dari GSMArena :
Screen : Super AMOLED 5.5 inci 403 ppi 
Internal/RAM : 32GB/3GB 
Dual Sim : Yes (dual-standby) 
Micro SD : Yes up to 256 GB 
Processor : Snapdragon 625, Octa-core 2.0 Ghz 
GPU : Adreno 506OS : Android 7.1.1 
Rear Camera : 16 MP, dual flash 
Front Camera : 5 MP with flash 
Comms : GPS, WiFi, NFC, Bluetooth 4.0 
USB : Type-C 1.0 Turbocharging 
Sensor : Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, and compass


Nah, lalu gimana perfoma Motorola Moto Z Play sebagai daily driver atau pemakaian harian? Maka gue jawab, smartphone ini highly recommended untuk Kamu yang suka multimedia. Tapi bagi para gamer sejati, jangan coba-coba beli deh. Nanti kecewa.




Berhubung Moto Z Play menggunakan snapdragon 625, smartphone yang dirakit di Banten ini memiliki ketahan sekitar 22 jam pemakaian wajar termasuk foto, video, sedikit game, spotify sekitar 2 jam, dan online. Jadi berbanggalah, karena Kamu nggak perlu ngudak-ngudak colokan lagi untuk nge-charge.

Lalu, kita melaju ke sektor kamera utama yang dibekali 16 MP dengan bukaan f/2.0 yang dilengkapi dengan dual tone flash dan laser autofocus. Nah, biar gambar yang bicara.


Foto diambil jam setengah 5 di Ruko Tanjung Mas

Foto diambil jam 3 sore, lokasi di Ruko Tanjung Mas. Kami lagi latihan teater

Foto diambil jam 4 sore di depan Kantin TVOne
Kelemahan Moto Z Play, kaca pelindung kamera sebaiknya tidak disentuh dan diusap dengan jari tangan. Karena bakal kejadian kayak gini kalo motret malam. Solusinya, bersihkan dengan kain
Foto dengan HDR
Nah, setelah melihat hasil kamera utama, agak kurang afdol kalo kita nggak ngintip gimana hasil kamera depannya. FYI, kamera depan hanya dibekali 5 MP tapi lebih baik dari kamera depan LG G6 lah. Cakupannya juga cukup luas, jadi nggak close up banget.
Foto Selfie :v

Setelah mengintip kemampuan kamera utama dan secondary dalam hal foto-memoto. Rasanya gak asik kalau kita nggak tes sekalian kualitas videonya. Gue rasa, handphoone ini memliki stabilizer meski nggak dijabarin secara gamblang di GSMArena. Soalnya shaking-nya nggak parah. Check this out...

Video dengan kamera belakang. Jam 3 sore, di Kawasan Industri Pulo Gadung

Video dengan Kamera depan diambil jam setengah 4 sore di daerah Kawasan Industri Pulo Gadung. Gak usah komplen, gue tau muka gue gak cameragenic :p


Panorama menggunakan kamera bawaan

Panorama dengan Better Camera

Yang paling disayangkan adalah feature Panorama yang ... sama aja kayak all Xiaomi. Di sini, gue jadi pengen ngajak rujuk Nexus 5x lagi :v Gue udah coba ngadalin dengan beberapa aplikasi.
1. Camera bawaan, yah gitu
2. Google Camera, astagfirullah...
3. Better Camera, lumayanlah...

Lalu, bagaimana sektor gaming? Sebetulnya, dengan Snapdragon 625 kita gak bisa terlalu berharap banyak. Untungnya, beberapa game yang gue mainkan lancar-lancar aja kecuali Asphalt 8.


Game yang gue test lancar
1. Mystic Messenger
2. Salah Sambung
3. The Scoarch Trials
4. Ingress
5. Pokemon Go

Nah, tentang Asphalt 8....... Mending liat sendiri deh.... :p

Gimana? Pasti kecewa kan? Sama gue juga kok. Tapi, keadaan HP ini masih perawan, jadi I have no expect too much. Gue lagi males ngoprek. Barangkali nanti setelah gue pasang custom ROM, gue akan buat review susulan gimana kemampuan gaming Moto Z Play ini.

Nah, sektor terakhir yang akan gue bahas adalah kemampuan voice recordernya yang di atas rata-rata. Seenggaknya hal ini lumayan cukup menghibur bagi Kamu yang suka banget Smule-an. Nanti updatenya akan gue tambahin lagi.

Oke, sekarang kita masuk ke dalam kesimpulan...

Kelebihan
- Battery awet
- Smooth untuk multitasking, pemakaian harian dengan sosial media
- Kamera still cling-cling
- Video stabil
- Suara menggelegar
- Build quality kokoh

Kekurangan
- Panorama astagfirullah
- Tidak ada led notifikasi, bisa diaktifin tapi harus rooted
- Kaca penutup lensa kamera utama nggak boleh tersapu jari

UPDATE
Asphalt 8 nggak ngelag jika offline. Ohya, for your information gue pakai Asphalt yang udah di-cheat apk-nya. Jadi bisa aja karena emang bug apk modifikasinya atau official apk-nya juga ngebug.

UPDATE 2:
Gue share juga hasil rekaman dengan smule. Serius nggak distorsi. Waktu pakai hape-hape sebelumnya, pasti suara gue pecah LOL



You Might Also Like

2 Komentar

  1. Halo sist, thanks buat review moto z play nya ! :)

    Skalian mau tanya,
    Ini mzplay worthed gk yh kalo diambil skrg 2017? Kebetulan pingin jg ambil mzp gara" liat performa baterry, motogesture, dll sama saya jg blom pernah pake motorola.
    Lagi bingungnya antara mau ngambil ini atau mi a1 yg lagi anget"nya hehe.
    Gmn menurut sist?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo erric, maaf banget slow respon. kalo Z PLAY aja menurut gue sayang. mending ambil g5s pro aja lebih murah juga isi mirip-mirip. Di moto z play juga fingerprint gak bisa dipakai gesture beda dengan moto z2 play, moto g5s plus, dan moto z. Swedih....

      Tapi dari semua moto yang gue sebutin di atas. Masalah irit batre emang tetep dimeenangin moto z play LOL

      Delete