Cara Keren Bikin Instrumen Karaoke untuk Smule

  • Tuesday, January 16, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Photo: Seorang Perempuan sedang Menyanyi

Sebagai peminat musik yang gak biasa, kendala gue yang paling sering bikin sebel adalah lagu yang mau gue nyanyiin nggak ada. Duh, kesel kan?

Padahal favorit, tapi setelah dicek sampai bawah lewat aplikasi Smule belum ada seorang pun yang upload. Atau sekalinya ada, kualitas lagu tersebut sangat buruk karena efek metode penghapusan vokal yang terlalu kasar.

Akhirnya, muncul ide gila yang terinspirasi dari hobi ngulik gitar di masa lalu. Nah, cara inilah yang akan gue bagi ke Kalian.

Pros
- Nggak ada suara vokal (bisa diatur sesuai selera)

Cons
- Suara kurang natural, masih berasa MIDI

Nah, yang harus dipersiapkan
- Koneksi
- Kuota yang banyak (buat download bahan jika belum punya)
- Download Guitar Pro (rekomendasi pakai yang seri keenam)
- Download Adobe Audition (opsional, pakai seri CS6 udah cukup)

Maaf link cari sendiri ya. Blog gue ini bukan untuk ngebajak aplikasi LOL

Pertama-tama, download dan install kedua aplikasi yang gue sarankan hingga selesai. Lalu setelah itu, kalian bisa cari tab guitar pro di Ultimate-Guitar.

Setelah tab tersebut diunduh, silakan Kalian buka dengan aplikasi Guitar Pro. Bagian vokal bisa kaian turunin sesuai selera (lihat gambar).


Guitar Pro 6 - Mengecilkan volume vokal (jika line vokal ada)

Nah setelah selesai, pilih file lalu export ke WAV. Di seri Guitar Pro 7 sudah tersedia export ke MP3 langsung. Lalu, bagimana untuk Guitar Pro 6 ke bawah? Sayang sekali, cuma ada WAV saja. Mau tidak mau, WAV tersebut harus dikonvert jadi MP3 biar lebih kecil.

Gue sendiri konvert menggunakan Adobe Audition, meski sebetulnya ada aplikasi convert MP3 lain yang lebih simpel. Karena gue juga sekalian motong bagian yang nggak perlu.

Nah, setelah semuanya beres, silakan diunggah ke Songbook Smule. Memang caranya agak ribet. Tapi, hasilnya worth it kok.

Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 Komentar