4 Ponsel Android Terbaik di Bawah Harga Rp 3 Juta

  • Wednesday, July 25, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Photo: Asus Zenfone Max Pro M1 | androidcentral
Hai, Teman! Saat ini, banyak banget ponsel android murah bertebaran. Tapi, apa dengan sekedar murah saja cukup untuk memenuhi kebutuhan Kamu sehari-hari?

Kadang, kita masih menemukan starter atau lag saat membuka beberapa aplikasi tertentu mulai dari social media sampai game. Kesal, kan? 

Untuk mengimbangi kegiatan multitasking dan gaming, tentu dibutuhkan prosesor dan ram yang nggak kalah mumpuni juga. Yang jelas, di tahun 2018 ini besaran RAM ideal untuk ponsel android paling ideal adalah 4GB dengan minimal 3GB.

Lalu, ponsel android apa saja yang layak untuk menemani hari-hari Kamu dengan budget terbatas di bawah 3 juta? Berikut ulasannya.

1. Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Saat artikel ini dibuat, Redmi Note 5 Pro varian internal 32 GB dengan RAM 3 GB dijual di angka Rp 2.6jt - 2.7jt. Bisa dibilang, Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini sudah mengalami banyak improvisasi dibandingkan dengan seri Redmi terdahulu. 

Xiaomi Redmi Note 5 Pro dipersenjatai Octa Core 1.8 GHz Snapdragon 636 dan battery 4000 mAh. Ponsel ini juga memilki dual kamera utama 12 MP dan 5 MP. Sedangkan kamera selfie-nya sebesar 20 MP.

Meski cuma bisa merekam sampai 720p, kamera Xiaomi Redmi Note 5 Pro sudah ada stabilizernya. Jadi boleh lah diajak nge-vlog. Ditambah lagi, kamera selfie juga dilengkapi flash. Hasilnya? Cek tab 'The Author' di sisi kanan Kamu sekarang! LOL

Kabar baik bagi pecinta Smule, kualitas perekaman Xiaomi Redmi Note 5 Pro sangat baik. Beda dengan MiA1 yang bikin pengen ngelus dada. Nah, berikut ulasan lengkap tentang Xiaomi Redmi Note 5 dari SobatHape.



2. Asus Zenfone Max Pro M1

Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki spesifikasi yang mirip-mirip Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Ponsel android keluaran Asus ini juga digadang-gadang sebagai Xiaomi killer. Memiliki dapur pacu Octa Core 1.8 GHz Snapdragon 636, RAM 3 GB, dan internal 32 GB, Asus berani membandrol dengan harga 2.299.000 saja.

Ditambah lagi, untuk varian ini Asus menggunakan android murni. Tentu saja ini menguntungkan kita karena firmware akan berjalan lebih enteng. Gaming? Don't worry, Kamu bebas memainkan permainan apa saja. Kabar baik lainnya, Asus berani memberi battery badak sebesar 5000 mAh.

Kekurangan Asus Zenfone Max Pro M1 hanya pada kamera yang nggak stabil dan bikin kesel. Padahal resolusinya lumayan besar (13 MP + 5 MP). Kenapa gue bilang begitu? Jawabannya ada di video di bawah ini. Katanya sih udah dapet banyak upgrade dan perbaikan, tapi tetep aja sih kurang catchy.

Di bawah ini adalah video versus Xiaomi Redmi Note 5 Pro VS Asus Zenfone Max Pro IM oleh Gadgetin.



3. Huawei Honor 7x

Huawei Honor 7x memiliki body yang cantik dan nggak pasaran. Ponsel ini juga disokong Octa Core HiSilicon Kirin 659 yang setara dengan Snapdragon 625 tapi dengan clock speed lebih besar.  

Dibekali RAM 4GB, bukan masalah bagi Huawei Honor 7x untuk multitasking. Kabar baiknya, ponsel ini pun mampu menjalankan berbagai game berat dengan stabil seperti Mobile Legend, AOV, dan PUBG.

Konfigurasi dual camera 16 MP + 2 MP jauh lebih baik dibandingkan Huawei Honor 9 lite yang agak sedih kalau ketemu lowlight. Tapi tentu, dengan jarak pixel yang jauh seperti ini, kita harus jago cari angle ketika ingin memotret foto bokeh. Nah, info lebih lanjutnya bisa dilihat di sini.



4. Moto G5s Plus

Moto G5s Plus memang sudah cukup lawas karena dirilis tahun lalu. Tapi, di rentang harga under 3 jt, Moto G5s Plus menawarkan paket komplit untuk Kamu. 

Ponsel yang digadang-gadang sebagai MiA1 killer ini memiliki NFC sensor yang tidak dimiliki dari kebanyakan HP di bawah Rp 3 jt lainnya. Kualitas perekaman video dan suara juga baik dengan stabilizer software yang tentunya nggak bisa diremehin.

Menggunakan prosesor Octa Core 2.0 GHz Snapdragon 625 dengan RAM 4 GB, Moto G5s Plus mampu melibas game-game berat kekinian seperti PUBG. 

Dengan kamera utama 13 MP, f/2.0 AF + 13 MP depth sensor, efek bokeh yang dihasilkan pun cukup rapi, meski nggak serapi Mi41. Balik lagi, gue mengunggulkan Moto G5s Plus karena kelengkapan sensornya untuk menghadapi era transaksi uang digital saat ini, body quality yang solid, dan sudah anti cipratan air.


Well, itulah 4 ponsel android di bawah 3 juta yang gue rekomendasiin untuk Kamu. Nah terakhir, gue mau kasih beberapa HINT biar Kamu makin gampang milih ponsel.
  1. Kalau tujuan Kamu beli ponsel untuk gaming, minimal harus Snapdragon 625
  2. Kalau tujuan Kamu beli ponsel untuk sosial media dan beberapa game casual, nggak apa-apa beli ponsel dengan Snapdragon kepala 4 seperti 425, 430, 450
  3. RAM bukan segalanya, semua tergantung sama firmware bawaan pabrik. Contoh nyata Google Nexus 5x RAM 2GB lancar aja nggak ada lag. Nah, bingung kan?
  4. Gue nggak kasih saran brand besar seperti Samsung dan LG karena produk mereka yang di bawah Rp 3 jt mending nggak usah dibeli. Rawan ngelag, tjoy. Untuk samsung ideal minimum adalah Samsung Galaxy A8 2018 dan LG tentu aja seri V30+.
Jadi, Kamu mau beli ponsel yang mana?

You Might Also Like

0 Komentar