5 Cara Ampuh Membunuh Writer's Block

  • Thursday, July 26, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Photo: Pexels
Writer's block adalah masalah bagi semua penulis mulai dari level pemula sampai expert. Kita memang nggak bisa menghindari tragedi ini terjadi. Tapi, seenggaknya kita masih bisa menghalaunya ketika penyakit musiman itu datang.

Writer's block adalah kondisi di mana seorang penulis nggak bisa menuangkan ide pikirannya menjadi sebuah tulisan. Meski kita sudah tahu nih mau ngomongin topik A, tapi pada kenyataannya kata-kata yang kita harapkan tidak bisa mengalir.

Kamu sudah mencoba menulis di luar kantor, seperti di coffeeshop tapi setelah dibaca ulang, tulisanmu berasa seperti sampah. Daripada kesal, coba deh ikuti tips melawan writer's block di bawah ini.

1. Musik
Photo: Pexels

Jika tulisan yang harus Kamu buat sifatnya mendesak, Kamu bisa memancing mood dengan musik. Kamu bisa mencoba dengan lagu-lagu nge-beat beraliran Hip Hop, RnB, Rap, hingga EDM. Kalau saran gue sih, lagu Kpop seperti Blackpink, Red Velvet, BTS, dan EXO bisa diandalkan.

Tapi, untuk musik ini balik ke prefrensi masing-masing. Karena aliran musik tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang mood-nya mudah distimulus dengan lagu bertempo kencang, tapi ada juga yang justru lebih enjoy dengan akustik. Jadi, Kamu harus paham prefrensi musik yang bisa buat mood Kamu naik itu jenisnya apa.

2. Baca Meme atau Cerita Lucu
Photo: Pexels
Selain bernteraksi dengan teman kantor yang sama-sama lagi mules dengan deadline, Kamu juga bisa berselancar mencari page-page meme di media sosial. Selain isinya menghibur, kadang postingan mereka bisa memberikan ide baru buat kita.

3. Coba Menulis Tengah Malam
Photo: Pexels
Masih kurang mempan juga? Coba malam ini Kamu tidur cepat. Lalu, pasang alarm jam 1 malam nanti. Rasain deh sensasi menulis di saat suasana super hening seperti itu. Ada tipe-tipe orang yang justru lebih produktif di jam kalong ini.

4. Lakukan Hobi Selain Menulis
Photo: Pexels
Selain melakukan tiga hal di atas, Kamu bisa take a break dengan melakukan hobi lain di luar menulis. Hobi ini bisa apa aja, dari shopping, dandan, berburu kuliner, nyanyi, hingga parkour. Intinya saat melakukan hobi, buat diri Kamu sebebas mungkin menikmatinya. 

5. Traveling
Photo: Pexels
Cara terakhir, di akhir pekan nanti daripada cuma membusuk di kamar lebih baik Kamu liburan aja. Nggak perlu jauh-jauh, misal Kamu di Jakarta, Kamu bisa jalan-jalan bareng teman ke Pulau Seribu. 

Atau jika jatah cutimu cukup banyak, Kamu bisa mengambilnya dan merencanakan perjalanan jauh untuk merefresh pikiranmu yang lagi nge-hank. Setelah itu, bersenang-senanglah! Lupakan beban-beban busuk di kantor.

Nah, semoga tips-tips di atas bisa membantu, ya! Semangat!

You Might Also Like

0 Komentar