Review Pemutar Musik Hi-Res Cayin N3, DAP Kecil-kecil Cabe Rawit di Entry Level

  • Monday, July 23, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Photo: Cayin N3

Halo penggemar audio! Mungkin udah nggak asing lagi dengan Digital Audio Player Cayin N3. Pemutar musik hi-res ini berbentuk persegi panjang dan masih enak buat masuk kantong dan digenggam.

Gue sendiri dapet barang ini dari forum Warung Audio Kere Hore. Setelah gue ngelepasin Ipod Touch 6, selang beberapa waktu ada yang jual Cayin N3 dengan harga Rp 1.7 juta. Selisih 500 ribu dengan harga barunya. Well, daripada beli baru, jual baliknya juga jatoh mending gue beli bekas sekalian kan?

Padahal, DAP ini sangat multi talenta. Selain batrenya yang tahan 12 jam, Cayin N3 ini juga udah bisa muter lagu kualitas Hi-Res/Loseless sekaligus.

Ada dua fitur utama yang paling gue suka, yaitu bisa jadi bluetooth DAC dan USB DAC. Jadi kalau Kamu males masukin lagu ke SDcard, Kamu bisa konek bluetooth ke smartphone, lalu setelah itu Kamu bisa putar spotify dari smartphone dan mendengarkannya lewat Cayin N3

Sebelum menjadikan Cayin N3 sebagai Bluetooth DAC, jangan lupa dulu pastikan HiBy Link nggak kecentang. Karena fungsinya akan berbeda nantinya.


Photo: Matikan Hibylink jangan lupa

Sedangkan USB DAC ini paling berguna kalau lagi buka laptop dan ingin denger playlist kesayangan di Spotify saat kerja.


Photo: USB DAC Cayin N3

Tapi, sebelum menjadikan Cayin N3 sebagai USB DAC, jangan lupa uncentang USB Modenya dulu ya. Karena USB Mode ini berfungsi untuk memindahkan data musik dari komputer ke Cayin N3


Photo: Matikan USB Mode

Punya fitur Bluetooth tentu kita mendapat kemudahan kalau mau konek ke cans wireless. Semuanya menjadi serba mudah dan menyenangkan.


Photo: Cayin N3 konek ke Speaker Bluetooth Anker Soundcore Mini

Lalu, gimana dengan impresi suaranya?

Cayin N3 ini memiliki suara A-Shape di mana vokal maju di depan. Warna suaranya netral to warm. Jadi kalau dihajar cans berwarna warm, suaranya bakal makin warm dan serius ini rasanya nggak enak banget. Lebih baik, memilih cans yang memiliki tipe V-Shape (V-shape, vokal mundur ke belakang. Gue rekomendasiin jangan terlalu V-Shape, nanti vokalnya tenggelam). Keunggulan lain dari DAP ini yaitu memiliki soundstage terluas di harga sekelasnya.

Nah, menurut gue Cayin N3 ini cocok banget dikawinin sama Grado SR125 dan Audi Technica M50X. Atau cans setipe itu, hasilnya pasti bikin kuping mencapai eargasme tertinggi.


Photo: Cayin N3 dan Audio Technica M50X

You Might Also Like

0 Komentar