Review TFZ Exclusive King: High Sparkling Siap Memanjakan Kuping

  • Wednesday, August 08, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Photo : TFZ Exclusive King

Satu lagi In Ear Monitoring dari TFZ berhasil membuat gue khilaf! Gue langsung kepincut setelah audisi langsung di Bass Audio, Artha Gading, Jakarta Utara.

Jadi waktu itu niatnya gue cari IEM dengan high sparkling, bass masih ada tapi tight, vokal mundur dikit, nggak pedes, dan nggak bikin kuping fatique jika dipakai dalam jangka waktu lama. Well, banyak juga ya aturan main gue? Emang. Namanya juga cewek, ribet.

Setelah pintu gue buka, “Om, saya nyari IEM netral to bright yang high-nya cring-cring. Budget 700.000 – 2.000.000. Ada apa aja?” tanya gue sambil meraih salah satu kursi kosong di sana.

Om-om yang jaga toko (bukan Kang Iyus, kayaknya itu bossnya) kasih beberapa jenis demo unit IEM keluaran TFZ di antaranya, TFZ Exclusive 1, TFZ Exclusive King, dan TFZ Tequila.

Gue pun mulai mengaudisi satu-satu mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. TFZ Exclusive 1 soundstage-nya terlalu rapet kayak perawan, Tequilla bassnya kegedean, dan TFZ Exclusive King paling sesuai (mau gue) dari keseluruhan sample yang ada.

Masuklah Kang Iyus, entah beliau dari mana. Lalu, dia kasih gue unit kalau gak salah iBasso IT01 deh. Lupa juga, tapi terlalu ‘empuk’ buat gue. Itu sih sama aja kayak gue pake JVC HA-FXT100. Mending nggak usah upgrade, deh.

Masih penasaran, akhirnya gue jajal TFZ King Pro. Sialnya, nggak cocok juga. Bass-nya masih kegedean buat gue. Suara gitar di lagu metal lebih empuk daripada TFZ Exclusive King. Vokalnya juga lebih V-Shape daripada TFZ Exclusive King. Pada akhirnya, Gue pinang TFZ Exclusive King tunai.

Photo: Me and Kang Iyus

Dalam box TFZ Exclusive King, kita akan mendapatkan:
  1. 1 pair eartips bahan foam
  2. 6 pair eartips bahan silicon (niat banget)
  3. 1 Pouch
  4. Kitab-kitab
  5. Klip kabel (untuk disangkut ke baju)
  6. Pengikat kabel (untuk mengikat gulungan kabel)
  7. IEM-nya
Gue salut sama packaging-nya yang terlihat eksklusif beneran. Bahkan seinget gue, TFZ 1s pun packaging-nya niat juga. Nah, lalu gimana sih impresi suara dari TFZ Exclusive King ini? Cekriprot!

Sumber suara: Laptop ASUS
USB DAC: Cayin N3

Red Hot Chilli Peppers – Tell Me Baby

Suara vokal mundur, berdekatan dengan betotan bass Flea. Sedangkan separasi gitar dan drum sangat rapi dan terasa. Soundstage cukup luas. 3D Audionya berasa banget sampe ke hati.

Kamijo – Nosferatu Live in Moshijo

Instrumen bisa diabsen satu-satu! Padahal musik Kamijo ini yang beraliran Symphonic Metal ini kaya akan instrument. Posisi piano jelas ada dimana, suara choir perempuan di kiri belakang, choir laki-laki di kanan belakang. Gitar Anzi dominan di kiri, sedangkan Meku di kanan agak ketengah. Vokal Kamijo pas ditengah. 3D audio-nya makin gila kalo dihajar live music ternyata. Aku makin jatuh cintah~
PS: Bass Shigure nggak berasa. Bunglon juga ya, bisa ngatur bass sesuai kebutuhan.

Black Pink – Ddu Du Ddu Du

Vokal pas di tengah, v-shape hilang, dan getaran low bass berasa detail. Tapi, jangan ngarep impact gede, ya. Bukan ranahnya.

Thomas Bergersen – Dragoland

Berbeda saat gue menggunakan JVC-FXT100 di mana high suara (seperti) suling pecah dan nggak bulat keluarnya. Di TFZ Exclusive King ini, lagu seribet Thomas Bergersen bisa di-drive dengan baik. Kita bisa membedakan instrument demi instrument dengan separasi yang ketara. Yah, waktu di Bass Audio gue pun ngetes TFZ Exclusive King dengan lagu ini sih. Kalau lolos berarti wajib dibegal.

Tulus – 1000 Tahun

Untuk dengerin rekaman lagu Indonesia, TFZ Exclusive ini mampu memberikan suara yang bening. Kalau hasil foto, bisa dikatakan lagu Tulus ini terasa vivid. Separasi nyata, vokal agak mundur tapi nggak tenggelam, Posisi instrument bisa ditebak berada di mana saja, rapi pokoknya.

Kesimpulannya, TFZ Exclusive King ini mampu memberikan high yang sparkling, bass yang tau sikon, dan vokal agak v-shape. Beberapa orang bilang IEM ini masuk katagori warm, meskipun gue sendiri nggak dapet warm di mananya. Bagi Kamu yang menggunakan Headphone M50X, mungkin ini bisa disandingkan sebagai versi kecil dari Headphone tersebut.

Kemarin gue dapet TFZ Exclusive King ini dengan harga Rp 1.5 juta. Dengan apa yang gue dapat, yah jelas worth it dong.

Photo: TFZ Exclusive King

You Might Also Like

0 Komentar