Kecewa dengan Kredivo, Suspend tanpa Alasan dan Tidak Transparan

  • Monday, December 10, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

Kredivo


Kalau dihitung-hitung, udah sekitar dua tahun gue menggunakan jasa Kredivo karena pada masa itu gue belum bisa apply kartu kredit. Bahkan, gue menulis review positif tentang Kredivo yang bisa Kamu baca di sini

Tapi apa yang selanjutnya terjadi sungguh mengecewakan!

Gue selalu membayar tagihan tepat waktu, bahkan melunasi semua sebelum jatuh tempo. Cicilan gue pun meliputi dari harga yang remeh-temeh hingga 8 juta rupiah (waktu itu pernah beli LG V30 di Tokopedia).

Insiden tidak mengenakan ini terjadi sekitar 2 minggu yang lalu. Pada tanggal 26 November 2018, gue melunasi seluruh cicilan di Kredivo karena berencana mau mencicil Google Pixel 2 XL di Tokopedia. Rencananya HP itu akan gue gunakan untuk foto-foto manja di Sawahlunto.

Lalu, ketika gue mau membayar, halaman Kredivo tidak langsung ke konfirmasi OTP, tapi langsung gagal katanya akun gue sedang diinvestigasi. Lalu, gue mencoba terus untuk membayar namun hasilnya tetap gagal. Akun gue pun kemudian kena suspend.

Keesokan harinya, gue telepon CS Kredivo. Mereka bilang akun gue di-suspend permanen karena transaksi gue dianggap berbahaya. Sedangkan informasi detail mereka bungkam. Bahkan jawaban itu pun gue temui via email.
Email dari Kredivo



Mereka nggak berani menjelaskan alasannya. Apa ini terkait banyak kasus pinjaman online dengan penagihan kurang manusiawi yang terjadi di Indonesia sehingga saat ini Kredivo juga lagi di acak-acak di internal sehingga mereka dikhawatirkan akan pailid sehingga pinjaman gue ditolak tapi akun gue juga di-suspend?

Tapi sungguh NGGAK SOPAN sekali membekukan akun nasabah yang tidak bersalah tanpa penjelasan yang JELAS.

Gue berani kok bertaruh BI checking gue sangat bersih. Karena jujur aja gue nggak nyaman berhutang tapi gaji gue kecil dan barang yang gue mau mahal-mahal. Tapi selama ini kreditan gue di Kredivo, Akulaku, hingga Home Credit selalu aman-aman saja.

Maka dari itu, tindakan suspend yang mereka lakukan ini sebetulnya cukup mengecewakan, bahkan menghina nasabah.

Masih di hari yang sama setelah kejadian itu, temen gue Sahidina Ali mengalami hal yang sama. 


Sampai detik ini, kami berdua belum dapet alasan relevan kentapa kami berdua disuspend. Well, saatnya memperbesar limit kartu kredit. 

You Might Also Like

0 Komentar