EKRUT: Begini Rasanya Dilamar Perusahaan

  • Tuesday, October 16, 2018
  • By @penuliscabutan
  • 0 Comments

EKRUT

Berawal dari promo lewat Instagram, gue pun tertarik dengan salah satu postingan sponsored dari EKRUT. Yang bikin gue penasaran, di sana disebutkan kalau calon pegawai nggak perlu ngelamar ke perusahaan seperti di Jobstreet, Tech in Asia, JobsDB, dan sejenisnya. Karena perusahaanlah yang bakal ngelamar kamu.

Well...

Gue memang lagi cari peruntungan di tempat baru. Berhubung promosinya emang tepat sasaran, akhirnya gue pun iseng menjajal EKRUT. Setelah membuka websitenya, kita diminta login, bisa dengan email biasa atau dengan Linkedin. Berhubung gue tipikal ogah ribet, jadi gue pilih login dengan akun Linkedin.

Setelah itu, gue diminta isi data persis seperti di Jobstreet. Setelah itu, status profil gue berubah menjadi menunggu verifikasi.

Keesokan harinya, tiba-tiba ada telepon dari pihak EKRUT. Telepon itu bukan telepon biasa melainkan sekaligus wawancara. Persis kayak mau ngelamar kerja, gue ditanya tentang background dan skill. Mereka bilang untuk melengkapi data di database yang memang belum gue lengkapi sepenuhnya kemarin.

Sang pewaancara juga menanyakan kesiapan gue jika dalam jangka waktu dekat ada wawancara apakah gue bakal bisa dateng atau nggak. Setelah telepon ditutup, sehari setelah itu profil gue di EKRUT pun aktif.

Gue sempet tanya, apakah EKRUT itu sejenis outsourching atau bukan. Mereka bilang nggak. Sistemnya katanya mirip Tokopedia. Entah sistem untuk si perusahaannya bagaimana, intinya bagi pelamar kerja sih gue sama sekali nggak dipungut biaya.

Sebetulnya, gue pun nggak berekspektasi apa-apa ketika membuat akun di sini. Namanya juga coba-coba karena penasaran.

Selang dua minggu, tepatnya awal Agustus selama 1 minggu tiba-tiba gue menerima 3 email panggilan interview dari 3 perusahaan. 1 di antaranya adalah F Corp yang terletak di Kuningan. Jelas lah gue kegirangan. Setelah melalui proses interview yang panjang, siapa sangka justru gue keterima di salah satu Start Up bidang kecantikan.

Bonusnya, kantor deket rumah juga. Wah, sepertinya gue emang gak boleh jauh-jauh dari Jakarta Timur ya.

Menurut gue layanan EKRUT ini sangat menolong.

You Might Also Like

0 Komentar